Pengikut
Pengikut
Rabu, 08 Oktober 2014
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR
Dewi Putri sihite S.Pd
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR
Faktor-faktor yag mempengaruhi proses hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.
a. Faktor Fisiologis
1. Faktor internal
Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri
individu dan dapat mempengaruhi hasil
belajar individu. meliputi :
a. Faktor Fisiologis
Faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu, dibedakan menjadi dua macam.
(1) Keadaan tonus jasmani
Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan
memberikan pengaruh positif terhadap
kegiatan belajar individu.
(2) Keadaan fungsi jasmani/ fisiologi Fungsi fisiologis pada tubuh manusia sangat mempengaruhi hasil belajar, terutama panca indra.
b. Faktor Psikologis
Faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat mempengaruhi proses belajar. Faktor psikologis, antara lain:
(1) Kecerdasan /intelegensia siswa Kecerdasan diartikan sebagai kemempuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat.
Distribusi Kecerdasan IQ menurut Stanford Revision
Tingkat kecerdasan (IQ) Klasifikasi
140 – 169 Amat superior
120 – 139 Superior
110 – 119 Rata-rata tinggi
90 – 109 Rata-rata
80 – 89 Rata-rata rendah
70 – 79 Batas lemah mental
20 -- 69 Lemah mental
(2) Motivasi
Para ahli psikologi mendefinisikan motivasi sebagai proses di dalam diri individu yang aktif, mendorong, memberikan arah, dan menjaga perilaku setiap saat. Motivasi dibagi menjadi dua:
(a) Motivasi Intrinsik
- Dorongan ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang lebih luas;
- Adanya sifat positif dan kreatif yang ada pada manusia dan keinginan untuk maju;
- Adanya keinginan untuk mencapai prestasi sehingga mendapat dukungan dari orang- orang penting.
- Adanya kebutuhan untuk menguasai ilmu
atau pengetahuan yang berguna bagi dirinya.
(b) Motivasi Ekstrinsik
Faktor yang datang dari luar diri individu tetapi memberi pengaruh terhadap kemauan untuk
belajar. Seperti pujian, peraturan, tata tertib, teladan guru, orangtua, dan lain sebagainya.Kurangnya respons dari lingkungan secara positif akan mempengaruhi semangat belajar seseorang menjadi lemah.
(3) Minat
Menurut Reber (Syah, 2003) Minat (Interest) adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu.
(4) Sikap
Sikap adalah gejala internal yang mendimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespons dangan cara yang relatif tetap terhadap obyek, orang, peristiwa dan sebaginya, baik secara positif maupun negatif
(5) Bakat
Bakat (aptitude) didefinisikan sebagai kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk
mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang.
Berkaitan dengan belajar, Slavin (1994) mendefinisikan bakat sebagai kemampuan umum yang dimilki seorang siswa untuk belajar.
B. Faktor Eksternal/Eksogen
Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi balajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu:
1. Faktor lingkungan sosial
a. Lingkungan sosial sekolah.
b. Lingkungan sosial masyarakat.
c. Lingkungan sosial keluarga.
2. Lingkungan nonsosial
Faktor-faktor yang termasuk
lingkungan nonsosial
adalah:
a. Lingkungan alamiah.
b. Faktor instrumental.
c. Faktor materi pelajaran (yang diajarkan ke siswa).
salam dewi putri sihite
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar