Pengikut

Pengikut

Rabu, 08 Oktober 2014

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR Dewi Putri sihite S.Pd FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR Faktor-faktor yag mempengaruhi proses hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar. a. Faktor Fisiologis 1. Faktor internal Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar individu. meliputi : a. Faktor Fisiologis Faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu, dibedakan menjadi dua macam. (1) Keadaan tonus jasmani Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan belajar individu. (2) Keadaan fungsi jasmani/ fisiologi Fungsi fisiologis pada tubuh manusia sangat mempengaruhi hasil belajar, terutama panca indra. b. Faktor Psikologis Faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat mempengaruhi proses belajar. Faktor psikologis, antara lain: (1) Kecerdasan /intelegensia siswa Kecerdasan diartikan sebagai kemempuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat. Distribusi Kecerdasan IQ menurut Stanford Revision Tingkat kecerdasan (IQ) Klasifikasi 140 – 169 Amat superior 120 – 139 Superior 110 – 119 Rata-rata tinggi 90 – 109 Rata-rata 80 – 89 Rata-rata rendah 70 – 79 Batas lemah mental 20 -- 69 Lemah mental (2) Motivasi Para ahli psikologi mendefinisikan motivasi sebagai proses di dalam diri individu yang aktif, mendorong, memberikan arah, dan menjaga perilaku setiap saat. Motivasi dibagi menjadi dua: (a) Motivasi Intrinsik - Dorongan ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang lebih luas; - Adanya sifat positif dan kreatif yang ada pada manusia dan keinginan untuk maju; - Adanya keinginan untuk mencapai prestasi sehingga mendapat dukungan dari orang- orang penting. - Adanya kebutuhan untuk menguasai ilmu atau pengetahuan yang berguna bagi dirinya. (b) Motivasi Ekstrinsik Faktor yang datang dari luar diri individu tetapi memberi pengaruh terhadap kemauan untuk belajar. Seperti pujian, peraturan, tata tertib, teladan guru, orangtua, dan lain sebagainya.Kurangnya respons dari lingkungan secara positif akan mempengaruhi semangat belajar seseorang menjadi lemah. (3) Minat Menurut Reber (Syah, 2003) Minat (Interest) adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. (4) Sikap Sikap adalah gejala internal yang mendimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespons dangan cara yang relatif tetap terhadap obyek, orang, peristiwa dan sebaginya, baik secara positif maupun negatif (5) Bakat  Bakat (aptitude) didefinisikan sebagai kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang.  Berkaitan dengan belajar, Slavin (1994) mendefinisikan bakat sebagai kemampuan umum yang dimilki seorang siswa untuk belajar. B. Faktor Eksternal/Eksogen Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi balajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu: 1. Faktor lingkungan sosial a. Lingkungan sosial sekolah. b. Lingkungan sosial masyarakat. c. Lingkungan sosial keluarga. 2. Lingkungan nonsosial Faktor-faktor yang termasuk lingkungan nonsosial adalah: a. Lingkungan alamiah. b. Faktor instrumental. c. Faktor materi pelajaran (yang diajarkan ke siswa). salam dewi putri sihite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar